Wednesday 3 July 2013

Pola Dasar Candlestick

Diposkan oleh Unknown
iklan

Pola-pola Dasar Candlestick
Spinning Tops
Spinning tops adalah candlestick dengan bayangan atas yang panjang, bayangan bawah yang panjang dengan badan yang kecil. Warna dari badan dalam pola ini tidak penting. Pola ini menunjukkan terjadinya ketegangan antara pembeli dan penjual yang cenderung seimbang dan tidak jelas siapa pemenangnya.
Jika 'spinning top' ini terbentuk pada trend naik, ini menunjukkan tidak cukup pembeli yang tersisa dan kemungkinan akan terjadi pembalikan trend. Demikian juga jika 'spinning top' ini terbentuk saat trend turun maka kemungkinan sudah tidak banyak penjual yang memungkinkan berlanjutnya trend sehingga ada kemungkinan terjadi pembalikan trend.
Marubozu
Maribozu berarti tidak ada bayangan dari badan candlestick. Ini berarti 'high' dan 'low' sama dengan harga pembukaan dan penutupan. Ada dua jenis maribozu.
Maribozu putih berupa badan yang panjang berwarna putih tanpa bayangan. Artinya harga pembukaan sama dengan 'low' dan penutupan sama dengan 'high'. Pola ini menunjukkan trend naik yang kuat (bullish) dimana pembeli memegang kontrol sepenuhnya pada sesi ini. Biasanya ini terjadi pada tahap awal trend naik, baik itu yang berasal dari kelanjutan trend naik sebelumnya atau dari pembalikan trend turun.
Maribozu hitam terdiri dari badan yang panjang tanpa bayangan. Artinya harga pembukaan sama dengan 'high' dan harga penutupan sama dengan 'low'. Pola ini menunjukkan trend turun (bearish) yang sangat kuat dimana penjual sepenuhnya memegang kendali pada session ini. Biasanya menunjukkan awal trend turun.
Doji
Pola candlestick doji memiliki harga pembukaan dan penutupan yang relatif sama. Ini ditunjukkan dari badan yang berbentuk garis atau sangat kecil.
Poal doji menunjukkan ketidakpastian dari pertarungan antara penjual dan pembeli. Pada sesi ini harga bergerak naik dan turun dari harga pembukaan tapi akhirnya ditutup dengan harga yang kurang lebih sama dengan harga pembukaan.
Pembeli maupun penjual sama-sama kuat dan pertarungan mereka berakhir dengan draw.
Ada empat jenis doji seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:
Jika terjadi doji, perhatikan pola candlestick yang terjadi sebelumnya untuk memahami apa yang sedang terjadi.
Jika doji terjadi setelah serangkaian candlestick dengan badan yang panjang berwarna putih (seperti maribozu putih), ini merupakan pertanda bahwa pembeli mulai kehabisan tenaga dan melemah. Supaya harga terus naik, dibutuhkan lebih banyak pembeli tapi yang terjadi pembeli sudah tidak ada lagi. Sementara itu penjual sedang bersiap-siap untuk masuk mengambil alih kendali pasar untuk menurunkan harga.
Sekalipun doji sudah terbentuk ini tidak otomatis berarti trend turun sudah mulai. Masih diperlukan konfirmasi lebih lanjut. Anda harus menunggu sampai candlestick ditutup di bawah harga pembukaan candlestick putih.
Sebaliknya jika doji terbentuk setelha serangkaian candlestick dengan badan yang panjang berwarna hitam (seperti maribozu hitam), ini menunjukkan bahwa penjual sudah mulai kehabisan tenaga dan tidak bisa menekan harga lebih jauh lagi. Sementara itu pembeli mulai bersiap-siap untuk masuk pasar dan menaikkan harga.
Untuk memastikan trend naik masih diperlukan konfirmasi lebih lanjut berupa candlestick yang ditutup pada harga di atas harga pembukaan candlestick hitam.
Pola Pembalikan Arah Candlestick
Trend Sebelumnya.
Suatu pola digolongkan sebagai pola pembalikan arah (reversal pattern) jika ada pola sebelumnya yang mulai melemah dan kesulitan untuk melanjutkan trend. Bullish reversal atau pembalikan arah naik memerlukan adanya trend turun yang ada sebelumnya, sebaliknya bearish reversal atau pembalikan arah turun memerlukan adanya trend naik sebelumnya.
Palu Dan Orang Bergantung.
Palu (hammer) dan Orang Bergantung (hanging man) tampaknya sama tapi keduanya memiliki arti yang sangat berbeda, bergantung pada pola pergerakan yang terjadi sebelumnya. Keduanya memiliki badan yang kecil (hitam atau putih), bayangan bawah yang panjang dan bayangan atas yang kecil atau tidak ada.
Palu adalah pola pembalikan arah naik (bullish reversal) yang terbentuk dalam sebuah trend turun.
Saat harga sedang merosot, pola palu memperlihatkan bahwa batas bawah sudah dekat dan harga akan kembali naik. Bayangan bawah yang panjang menunjukkan bahwa penjual berupaya mendorong harga lebih jauh ke bawah akan tetapi pembeli dapat mengatasi tekanan ini dan membuat harga ditutup pada level yang dekat dengan saat pembukaan.
Hanya karena pola palu ini muncul pada sebuah trend turun tidak berarti anda begitu saja dapat membuka posisi beli. Anda memerlukan konfirmasi lebih lanjut untuk memastikan trend turun memang benar-benar sudah habis dan mulai berbalik. Mungkin anda perlu menunggu munculnya sinyal berupa pola candlestick putih dengan level harga penutupan yang lebih tinggi dari level harga pembukaan pada candlestick yang terletak di sebelah kiri palu.
Berbeda dengan pola palu, 'orang bergantung' adalah pola pembalikan arah turun (bearish reversal) yang juga menandai munculnya puncak atau adanya level resistance yang kuat. Ketika harga naik, pembentukan 'orang bergantung' menunjukkan bahwa penjual mulai masuk dan dapat mengatasi tekanan pembeli. Bayangan bawah yang panjang memperlihatkan bahwa penjual berhasil menekan harga selama sesi tersebut meski pembeli masih dapat mendesak harga kembali sehingga ditutup pada harga yang tidak jauh dari level harga pembukaan. Munculnya hanging-man merupakan tanda yang baik bahwa jumlah pembeli yang diperlukan untuk menjaga trend untuk tetap naik sudah mulai berkurang dan tidak lama lagi trend akan berbalik arah.
Palu Terbalik dan Bintang Jatuh.
'Palu terbalik' dan 'bintang jatuh' juga tampak sama. Yang membedakan keduanya hanyalah trend yang terjadi sebelumnya. Jika pola ini terjadi setelah trend turun, pola tersebut dinamakan 'palu terbalik'. Sebaliknya jika terjadi setelah trend naik, pola ini dinamakan 'bintang jatuh'. Kedua pola ini memiliki bentuk badan yang kecil dengan bayangan atas yang panjang dan bayangan bawah yang kecil atau tidak ada.
Pola palu terbalik yang terjadi gerakan harga turun menunjukkan kemungkinan terjadinya pembalikan arah. Bayangan atasnya yang panjang memperlihatkan bahwa pembeli berupaya mengatasi tekanan penjual dan mulai berhasil mendorong harga naik untuk beberapa saat. Akan tetapi penjual kembali menunjukkan kekuatannya dan berhasil menekan harga kembali sehingga ditutup pada level yang tidak jauh dari harga pada level pembukaan. Tapi kegagalan penjual untuk menekan harga lebih jauh menunjukkan bahwa jumlah penjual yang dibutuhkan untuk menjaga momentum trend turun sudah tidak ada lagi dan bisa diperkirakan tidak lama lagi pembeli akan mengambil alih kontrol pasar.
Pola bintang jatuh adalah pola pembalikan arah turun (bearish reversal) yang bentuknya mirip dengan palu terbalik, hanya saja pola ini terjadi pada saat trend harga naik. Bentuk polanya menunjukkan bahwa harga dibuka pada level yang dekat dengan 'low' lalu mulai menguat selama beberapa saat tapi tertekan kembali sehingga ditutup pada harga yang dekat dengan level harga pembukaan. Ini berarti pembeli terus berupaya masuk lebih jauh dan mendorong harga naik akan tetapi penjual mampu mengatasi tekanan ini dan mendesak harga kembali ke level pembukaan. Disini tampak bahwa pembeli mulai kehilangan momentum untuk mempertahankan trend dan sebentar lagi penjual akan mengambil alih kontrol pasar dan membuat trend berbalik arah.

G+

3 komentar:

parson said...

betul gan, kalo kita menggunakan pola candlestick bisa lebih mudah dalam antisipasi pergerakan market, karena banyak yang gunain pola candle ini. dan ane di social platform Tradeberry juga pake pola candlestick

boboi boy said...

Untuk saat ini dimana sih ane merasakan puas dan bangga dengan telah gabung nya bersama broker terbaik seperti ACY, dengan dimana dalam eksekusi yang cepat kilat, layanan yang ramah, spread yang rendah, bonus yang menarik, adanya juga khursus oneline nya, yang pasti menurut ane ACY ini diman abenar benar is the best broker

Deep said...

Perhatian Semua Pedagang.
Kami memanggil semua pedagang pemula dan mereka yang kehilangan uang yang diperoleh dengan susah payah dalam perdagangan. Kami di sini untuk membantu Anda. Kami memberi Anda pembelajaran dan panduan yang tepat bersama dengan sinyal yang menguntungkan. Layanan kami membantu Anda memulihkan kerugian Anda dan mendapatkan keuntungan yang baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun. Kami adalah organisasi penelitian dengan lebih dari 30 peneliti dengan keahlian dan pengalaman bertahun-tahun di bidang ini. Kami memberi Anda semua pembaruan dan sinyal pasar - sinyal ini didasarkan pada analisis fundamental dan teknis dengan akurasi lebih dari 85%. Kami percaya pada bisnis jangka panjang dengan pelanggan kami dan hasil yang efektif yang kami berikan selama lebih dari sembilan tahun. Kami menetapkan diri sebagai salah satu penyedia layanan Rekomendasi Keuangan yang paling tepercaya dan dapat diandalkan. Kami tidak membuat janji palsu. Pekerjaan dan layanan kami berbicara untuk kami. Jika Anda membutuhkan bantuan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi.
Telegram:- https://t.me/DavinoValesco
Whatsapp:- https://wa.me/6597789921

Post a Comment